Kamis, 31 Oktober 2013

Tulisan : Periode 2

Manajemen Keuangan Untuk Karyawan

Masih berhubungan dengan postingan minggu lalu dengan judul yang hampir sama yaitu manajemen keuangan, tapi kali ini saya akan membahas manajemen keuangan untuk karyawan

Apasih manajemen keuangan itu ? Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksanaan, pengelolaan, pengendalian, perencanaan dan penyimpangan dana yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau oragnisasi.
Manajemen keuangan tidak hanya diperlukan oleh suatu perusahaan atau organisasi saja, dalam hidup juga diperlukan manajemen keuangan khususnya bagi mereka yang sudah bekerja (karyawan). Memang tidak dapat di pungkiri, godaan untuk menghabiskan gaji bulanan bagi mereka yang bekerja, sangatlah besar. Ketika menerima gaji, biasanya keinginan untuk berfoya-foya cukup basar seperti membeli gadget atau membeli barang yang diinginkan dan lain sebagainya hingga lupa dengan keperluan lainnya yang harus dipenuhi. Ketika menerima gaji, alangkah baiknya jika kita sudah memisahkan beberapa persen gaji kita untuk keperluan pribadi, manabung dan keperluan keadaan darurat. 
Bagi mereka yang berpenghasilan minim, ada baiknya  jangan tergiur dengan kartu kredit. Karena kartu kredit dapat menjerumuskan kita ke dalam hutang -piutang. Jika ingin menggunakan kartu kredit, sesuaikan dengan kemampuan kita, jangan ikut-ikutan teman hanya karena ingin keren.
Berhemat, bukan pelit. kata ini sering sekali terdengar di telinga kita dari kecil sampai sekarang. Para karyawan yang berpenghasilan dibawah rata-rata, berhemat sangatlah penting, karena gaji yang di dapat itu untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan, mereka harus pintar-pintar dalam memebelanjakan uangnya, meraka harus bisa membedakan mana barang yang dibutuhkan dan mana barang yang hanya menjadi keinginan semata.



Manajemen Kehidupan Dalam Sehari-hari

Sebelum masuk ke pembahasan manajemen kehidupan, kita awali dulu dengan pengertian manajemen.
Menurut Mary Parker Follet, manajemen dalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkorrdinasian, dan mengontrollan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
Menurut Drs. Oey Liang Lee, manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan.

Bagaimana dengan manajemen kehidupan sehari-hari ? Apa kita sudah menerapkannya ?

Dalam menjalani kehidupan, mungkin kita tidak sadar sudah melakukan manajemen atau bisa jadi tidak melakukannya. Manajemen dalam kehidupan sehari-hari adalah mangatur hal-hal kecil yang biasa kita lakukan, seperti membereskan rumah, terkadang kita membiarkan barang-barang kita seperti file-file atau fotokopian, sepatu, buku-buku dan lain sebagainya berserakan atau menumpuk begitu saja, alhasil kita menjadi kerepotan dalam mencari barang saat kita membutuhkan barang tersebut, dengan kita mengatur dan manatanya dengan rapih itu sudah menjadi suatu manajemen yang kita lakukan. manfaat langsung yang dapat kita rasakan adalah kita menjadi disiplin dan tidak repot dalam mencari barang yang diinginkan.
Contoh lain adalah manajemen waktu dan manajemen keuangan. manajemen waktu, yang paling gampangnya adalah kita menuliskan dan melakukan kegiatan kita dari pagi hari saat bangun tidur sampai malam hari. Dengan begitu, kita tidak akan membuang-buang waktu dan dapat menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Orang yang tidak bisa memanage waktu dengan baik, tidak bisa menikmati hidup, dalam bekerja pun mereka tidak maksimal. Sama hal nya dengan manajemen waktu, manajemen keuangan juga sama pentingnya dalam kehidupan sehari-hari, berapa pun penghasilan kita, jika tidak di manage dengan baik akan terbuang sia-sia atau habis hanya untuk hal-hal yang tidak berguna.

Dengan adanya manajemen yang baik dalam kehidupan sehari-hari, hidup kita akan lebih teratur, dan dapat merealisasikan segala keinginan kita. Manajemen yang baik juga akan menjadi bekal kita dalam menjalani kehidupan di masa depan dan membuat hidup kita semakin disiplin.

Terlihat simple, tapi jika tidak dijalankan akan berdampak buruk dan jika kita menjalankannya dapat mendatangkan manfaat yang besar.



sumber :
http://kedaiinformasiku.com/pengertian-manajemen/

0 komentar:

Posting Komentar

catatan kecil Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting